-->
Home » » Mengungkap Misteri Keberadaan Keris Empu Gandring

Mengungkap Misteri Keberadaan Keris Empu Gandring

Keris yang dibuat oleh Mpu Gandring memang terkenal dengan kehebatannya. Namun, juga memiliki kutukan yang mengerikan. Bahkan keturunan Raja Singosari pun harus meninggal karena keris tersebut. Memangnya apa yang membuat keris yang satu ini memiliki kesaktian yang mengerikan? Bagaimana kisahnya?
Mengungkap Misteri Keberadaan Keris Empu Gandring
Keris Mpu Gandring yang Terkutuk
Dikisahkan bahwa ada seorang pembuat keris di kerajaan Singasari yang terkenal sakti. Keris buatannya selalu memiliki kekuatan gaib yang membuat pemiliknya menjadi sakti. Hingga suatu saat Ken Arok, meminta si pandai keris tersebut membuatkan satu untuknya.
Ken Arok berpesan agar keris yang dibuat nantinya harus lebih baik dan sakti ketimbang buatan Empu sebelumnya. Hal inilah kemudian yang membuat Mpu Gandring sedikit bergidik. Pasalnya, keris tersebut juga harus jadi dalam waktu semalam saja.
Bukannya tidak mampu membuat keris yang sakti, namun ada sedikit kecemasan dalam diri Mpu yang satu ini jika keris yang dibuatnya nanti sesuai keinginan sang pemesan.
Diceritakan konon, Mpu Gandring mengambil bahan baku keris dari luar angkasa. Tidak heran jika memiliki kekuatan yang tidak tertandingi seperti yang ada di bumi. Bahkan keris tersebut kemudian diisi dengan hal-hal gaib untuk mendukung kesaktiannya.
Sampai pada suatu hari, Ken Arok mendatangi Mpu Gandring untuk menagih keris pesanannya. Namun, sang Mpu mengatakan bahwa keris tersebut belum jadi, yakni bagian sarung keris yang belum sempurna dibuat. Tidak sabar dengan pekerjaan Mpu yang dinilai lama, Ken Arok kemudian merebut keris yang belum jadi 100% tersebut.
Kemudian, untuk mencoba kesaktiannya, Ken Arok menusukkan keris tersebut ke tubuh Mpu Gandring. Sebelum kematiannya, Mpu Gandring melunasi kesaktian kerisnya dengan sebuah kutukan. Mpu Gandring berucap bahwa keris tersebut akan membunuh Ken Arok dan 7 turunannya nanti. Ken Arok yang memang tidak percaya dengan ucapan sang Mpu, tetap menyimpan keris tersebut baik-baik.
Ternyata kutukan sang Mpu benar-benar terjadi. Ken Arok dan 7 turunannya harus mati di mata keris buatan Mpu Gandring. Inilah yang menyebabkan kerajaan Singasari kacau dan runtuh. Lalu di mana keberadaan keris itu sekarang ini? Apakah masih disimpan oleh keturunan Ken Arok?
Keberadaan Keris Empu Gandring
Keris tersebut dikisahkan terkubur di kawah Gunung Kelud. Mengapa sang keris bisa berada di dasar kawah gunung? Siapa orang yang bisa menguburnya? Tentu saja, ini juga merupakan sebuah kepercayaan.
Dikisahkan setelah terjadi peperangan saudara yang diakibatkan oleh sebilah keris, Pulau Jawa saat itu dalam keadaan yang tidak stabil. Yakni sering terjadi bencana alam yang mencemaskan. Hal ini kemudian memberikan ide Batara Guru untuk memindahkan gunung Mahameru yang dulunya berada di India ke pulau Jawa. Dalam proses pemindahan, tanah-tanah gunung Mahameru tercecer hingga membentuk beberapa gunung kecil seperti Lawu, Wilis, Bromo, dan salah satunya Kelud. Nah... pada saat itulah keris tersebut terkubur di kawah Gunung Kelud.
Banyak orang yang merasa bahwa keris tersebut memang benar-benar berada di kawah gunung Kelud. Namun hingga saat ini belum ada yang bisa membuktikannya secara nyata.
Beberapa orang telah banyak yang mencari keberadaan keris Mpu Gandring. Tujuannya pun beragam, mulai dari membuktikan kebenaran legenda, sampai ingin memilikinya untuk kepentingan pribadi.
Namun, penelitian secara ilmiah dan klenik sudah pernah dilakukan. Namun, hasilnya masih nihil. Keris tersebut seperti benar-benar ditelan bumi. Namun, ada beberapa kalangan yang menyatakan bahwa keris tersebut memang terkubur di kawah Gunung Kelud. Jadi akan sangat sulit untuk diambil untuk bukti.
Keris Merupakan Warisan Budaya Indonesia
Keris meruapakan salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui oleh Unesco. Unesco telah mengakui keris sebagai budaya indoensia sejak tahun 2006. Keris merupakan salah satu senjata yang memiliki ujung runcing dan tajam. Bentuk keris biasanya unik, yakni tidak simetris. Keris dwasa ini hanya digunakan sebagai hiasan saja.
Namun, beberapa keris juga dipercaya memiliki kekuatan gaib. Terlebih lagi keris yang dipercaya dibuat ratusan tahun yang lalu. Biasanya keris-keris yang dipercaya memiliki kekuatan gaib ini diperlakukan khusus. Seperti dimandikan dengan bunga pada hari tertentu dan disimpan di tempat khusus.
Tidak heran jika keris yang dipercaya memiliki kekuatan gaib ini memiliki harga yang tidak murah. Bahkan beberapa orang tidak mau menjual keris miliknya karena sudah turun-temurun dimiliki oleh nenek moyangnya.
Sama halnya dengan keris Mpu Gandring yang terkenal sangat sakti di atas. Banyak juga yang ingin memilikinya karena tujuan tertentu. Namun, mengungkap misteri keberadaan keris Empu Gandring untuk saat ini masih jauh dari kata tercapai. Tapi siapapun nantinya yang menemukan, semoga digunakan untuk jalan kebenaran.

0 comment:

Posting Komentar

Back To Top