-->
Home » » Kutukan The Hope Diamond

Kutukan The Hope Diamond


Berlian berwarna biru cemerlang yang satu ini juga berasal dari India. Batu permata berwarna biru yang sangat indah ini punya banyak nama, yaitu Le Bijou du Roi, Le Blue de France, Blue Tavernier, dan The Hope Diamond. Berlian ini akan memancarkan pendar merah cemerlang yang unik jika terpapar sinar ultraviolet. Saat ini The Hope Diamond terpasang dalam untaian kalung rancangan Cartier. The Hope Diamond sempat dimiliki oleh Raja Louis XIV dari Prancis sejak tahun 1669. Sang raja memerintahkan agar berlian itu dipasang pada rangkaian perhiasan permata sebagai simbol matahari, sesuai dengan gelarnya putra sang surya.

Legenda mengatakan bahwa berlian ini tadinya terpasang di patung Dewi Sita. Sama seperti Black Orlov, pencurian berlian tersebut oleh Jean Baptiste Tavernier pada abad 17 dipercaya telah menyebabkan kutukan. Kutukan berlian inilah yang dipercaya membawa kemalangan bagi pasangan Marie Antoinette dan Louis XVI yang dipenggal pada Revolusi Prancis dan keluarga Hope yang sempat menjadi pemilik berlian tersebut. Tavernier sendiri kemudian meninggal karena serangan anjing liar di Rusia.

Henry Hope membeli berlian ini pada tahun 1839 dan batu mulia itu diwariskan kepada cucu keponakannya, Francis yang terpaksa menjualnya untuk membayar utang judi. Salah satu sultan Turki ditengarai menjadi pemilik batu itu yang selanjutnya. Ia memberikan The Hope Diamond kepada salah satu istrinya. Tetapi di kemudian hari ia memerintahkan eksekusi terhadap istrinya itu dengan alasan pengkhianatan. Sementara sang sultan sendiri digulingkan dari tahta pada akhirnya dan yang terakhir adalah Evalyn Walsh McLean yang memiliki The Hope Diamond juga tak luput dari kutukan.

Meskipun sosialita ini selalu mengklaim bahwa kutukan The Hope tidak mempengaruhi dirinya, anaknya meninggal dalam kecelakaan mobil, putrinya bunuh diri, dan suaminya dinyatakan gila. The Hope kemudian disimpan di Smithsonian Museum atas permintaan Harry Winston, sang raja berlian pada tahun 1958. Tetapi sebelum itu The Hope Diamond telah mengelilingi Amerika Serikat dalam rangkaian tur penggalangan dana Winston Court Jewels.

0 comment:

Posting Komentar

Back To Top