-->
Home » » Alasan Mengapa Ka’bah Dibangun di Kota Mekkah

Alasan Mengapa Ka’bah Dibangun di Kota Mekkah

Banyak orang-orang Islam yang percaya bahwa alasan mengapa Ka’bah dibangun di Kota Mekkah adalah karena Mekkah dianggap sebagai pusat bumi, tapi sayangnya tidak pernah ada kejelasan ilmiah mengenai hal ini, dan agak sulit untuk mempertanggung jawabkannya. Tapi kalau begitu, apa sebab Ka’bah dibangun di bumi? Hal itu akan sama-sama kita teliti pada kesempatan kali ini.
Alasan Mengapa Ka’bah Dibangun di Kota Mekkah
Sempat beredar kabar yang mengatakan bahwa alasan Ka’bah ada di Mekkah yaitu karena beberapa ilmuwan di era modern ini telah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa Mekkah adalah kota yang menjadi pusat bumi. Hal ini berdasarkan pada jarak antara Mekkah dan Kutub Selatan jika kemudian dibagi dengan jarak Kutub Utara maka akan menghasilkan angka 1,618. Angka tersebut juga sering dikenal sebagai “Golden Ratio” atau angka emas. Tidak ada laporan ilmiah yang bisa membuktikan teori ini, tapi sebaliknya juga tidak ada laporan ilmiah untuk menentangnya.
Alasan dibangunnya Ka’bah di Mekkah yang lain memiliki cerita yang sama mengenai bagaimana Mekkah merupakan pusat bumi, tapi kali ini dengan cerita yang berbeda. Kali ini, diceritakan yang membuktikan hal ini adalah Neil Armstrong, dan pembuktian ini terjadi ketika ia dan koleganya melakukan perjalanan dari Bumi menuju bulan untuk pertama kalinya. Dikisahkan bahwa Bumi terlihat tergantung di sebuah daerah angkasa yang amat gelap.
Pada saat itu, para astronot juga melihat bahwa ada radiasi yang muncul dari dalam Bumi. Menurut kisah yang sama, para ilmuwan kemudian melakukan penelitian lebih lanjut mengenai radiasi dari Bumi ini, dan mereka menemukan bahwa radiasi ini berasal dari Ka’bah dan tidak memiliki ujung. Hal inilah yang dipercaya menjadi alasan mengapa Ka’bah dibangun di kota Mekkah. Diberitakan bahwa para astronot sempat mengumumkan tentang hal ini di internet, tapi sayang alamat situs untuk penguman tersebut mendadak hilang seakan ada alasan tertentu akan penghapusannya.
Berita lainnya mengabarkan bahwa sebenarnya Mekkah memang ada di tengah-tengah bumi, hal ini bisa dirujuk melalui satelit dan gambar-gambar geologinya. Karena begitu, sepertinya akan lebih tepat jika Mekkah yang dijadikan rujukan untuk waktu di seluruh dunia dan bukannya Greenwich. Jika hal ini dilakukan, menurut penulis berita tersebut, setiap orang akan lebih mudah untuk mengetahui waktu shalat. Lagi-lagi tidak ada bukti ilmiah yang mampu membantu teori alasan Ka’bah dibangun di Mekkah ini, tapi hal yang sama juga berlaku bahwa tidak ada yang bisa menyanggah hal ini, jadi status kebenarannya masih belum diketahui.
Alasan Mengapa Ka’bah Dibangun di Kota Mekkah Menurut Al-Qur’an
Menurut ayat-ayat yang ada di Al-Qur’an dan melalui berbagai macam hadist, telah disiratkan bahwa Mekkah memang menjadi pusat lapisan langit. Lewat surat Ali Imran ayat 96 dituliskan bahwa rumah pertama yang ada di muka bumi berdiri di Makkah. Bahwa awalnya Ka’bah berdiri di atas buih yang masih keras, dan karena benda itu jugalah yang merupakan benda pertama di bumi. Istilah Ka’bah sendiri merupakan bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an,  berasal dari kata “Umulkura” yang jika diartikan menjadi pusat negara. Selain itu, ada juga hadist yang mengatakan bahwa Ka’bah merupakan salah satu tempat yang ada di tengah-tengah lapisan langit dan bumi, mungkin ini alasan mengapa Ka’bah dibangun di kota Mekkah.

0 comment:

Posting Komentar

Back To Top