-->
Home » » Danau Paling Mistik Di Indonesia

Danau Paling Mistik Di Indonesia

Cerita mistik ini umumnya timbul karena penampakan atau nuansa dari danau itu sendiri yang dikelilingi oleh daratan, hutan rimbun juga keadaan airnya yang statis dan berwarna hijau. Cerita mistik yang menempel pada sebuah danau juga datang dari cerita rakyat yang juga diceritakan turun temurun dari generasi ke generasi.

1. Danau Tolire, Maluku

Danau Paling Mistik Di Indonesia

Dari kepercayaan warga berdasarkan cerita turun temurun, dan telah dibuktikan oleh orang-orang pernah mengunjunginya, benda yang dilempar ke danau tidak akan pernah menyentuh permukaan air danau. Diduga karena tertahan oleh kekuatan gaib dari dasar danau. Kekuatan gaib itu diyakini datang dari buaya siluman yang ada di danau itu.

2. Rawa Pening, Semarang

Danau Paling Mistik Di Indonesia

Menurut legenda, Rawa Pening terbentuk dari muntahan air yang mengalir dari bekas cabutan lidi yang dilakukan oleh Baru Klinthing. Cerita Baru Klinthing yang berubah menjadi anak kecil yang penuh luka dan berbau amis sehingga tidak diterima masyarakat dan akhirnya ditolong janda tua. Rawa ini digemari sebagai obyek wisata pemancingan dan sarana olahraga air. Namun akhir-akhir ini, perahu nelayan bergerak pun sulit.


3. Danau Toba, Samosir

Danau Paling Mistik Di Indonesia

Cerita legenda mengenai sosok naga penjaga danau pun tak kalah pamor dengan kehebatan danau Toba lainnya. Menurut pengakuan warga disekitar danau mengatakan bahwa mereka sering melihat sosok naga di danau. Konon, menurut mitos yang berkembang di sana, naga itu adalah anak dari Pak Toba yang berubah menjadi seekor naga yang hingga kini menjaga danau.

4. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau Paling Mistik Di Indonesia

Masyarakat Kerinci mengenali Danau Gunung Tujuh sebagai Danau Sakti. Hal tersebut dikaitkan dengan air danau yang senantiasa bersih dimana dedaunan yang jatuh dari pohon di sekitar danau tidak akan kelihatan penampakannya di permukaan air. Sering pula diceritakan terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba di danau ini. Sebagian warga sekitar menyebut danau ini dengan nama Danau Para Dewa yang menyimpan pesona sekaligus misteri.

5. Danau Kaco, Jambi
Danau Paling Mistik Di Indonesia

Mitos lahirnya Danau Kaco ini bermula hadirnya sebuah cerita seorang putri cantik yang ingin dipinang oleh banyak pemuda. Tanpa ragu mereka menitipkan bebatuan mulia pada Raja Gagak, ayah sang putri. Akan tetapi, keserakahan justru membuat Raja Gagak menodai putrinya sendiri. Setelah itu, putrinya pun dibenamkan ke dalam danau beserta harta pinangan tersebut.

0 comment:

Posting Komentar

Back To Top